Selasa, 13 September 2011

Umami dan Jamur

Umami adalah rasa dasar kelima setelah manis, asin, pahit dan asam. Berasal dari kata dalam bahasa Jepang umai, yang berarti "lezat," umami (diucapkan oo-MAH-Mee) digambarkan sebagai sensasi gurih lezat dan nikmat. Ini memuaskan rasa lezat yang sangat mendalam, kelezatan yang lengkap, menyeimbangkan rasa gurih dengan kualitas aroma yang khas di dalam mulut. Semua jamur merupakan sumber yang kaya umami dan  jamur yang berwarna gelap lebih kaya umami yang dikandungnya.

Emmmm Ennakkk

Rasa dasar umami ditemukan di tahun 1908 oleh Dr. Kikunae Ikeda. Dia meneliti rasa dari kombu dashi (kaldu rumput laut), dan menemukan komponen rasa utamanya adalah glutamat. Dia menamakan rasa tersebut sebagai “umami”.
Ada tiga bahan-bahan umami yang utama, yaitu glutamat, inosinat dan guanilat. Glutamat adalah salah satu asam amino yang umum terdapat di alam. Nukleotida penyumbang umami yang utama adalah inosinat dan guanilat. Bahan-bahan umami yang utama ini ditemukan oleh ilmuwan-ilmuwan Jepang, namun umami sekarang secara universal merupakan rasa yang terdapat pada berbagai makanan didunia.
Glutamat (bahan umami) adalah bahan pembentuk utama protein makanan (sayuran dan daging). Glutamat bebas juga terdapat secara alami dalam hampir semua makanan, seperti daging, ayam, hasil laut dan sayuran. Tomat dan jamur kaya kandungan glutamatnya dan inilah yang menyebabkannya secara meluas digunakan diseluruh dunia untuk memberikan kelezatan rasa umami di berbagai makanan dunia.
Ini Hasil Research dari ajinomoto terhadap reaksi bayi ketika di beri rasa umami, manis, asam, pahit

Seperti yang kita bisa lihat, bayi menunjukkan ekspresi yang menyenangkan setelah merasakan sesuatu yang manis, sementara itu mereka mengkernyitkan muka mereka setelah merasakan makanan yang asam dan pahit. Lain halnya setelah merasakan umami dalam bentuk sup sayuran yang ditambahkan MSG, menunjukkan raut wajah menyenangkan yang sama ketika mereka menikmati sesuatu yang manis. Ini artinya, rasa lezat dari umami dapat kita rasakan sejak kecil, atau dengan pengertian lain reseptor umami sudah ada dalam lidah kita sejak kita lahir.

Semoga Bermanfaat info sederhana ini.

1 komentar: