Minggu, 18 September 2011

Fan Jai Nugget, Rajanya Nugget Jamur

Fan Jai Nugget adalah merek untuk nugget jamur yang dikeluarkan oleh Miko Pangan Utama, suatu perusahaan yang bergerak dalam pengolahan jamur tiram, jamur kancing, jamur merang, dan jamur konsumsi lainnya. Nama Fan Jai sendiri diambil dari akses Amerika untuk pembacaan Fungi (dibaca Fanjai). Nugget jamur ini dibuat awalnya karena ketertarikan dari segi kandungan gizi dari jamur tiram yang kaya akan protein tapi kandungan lemak dan kolesterolnya zero (kandungan gizi lengkapnya bisa dilihat lebih jauh di manfaat jamur. Selain itu yang menjadi awal pembuatan nugget jamur ini adalah sifat dari jamur sendiri yang mudak rusak dan nilai jualnya yang fluktuatif bagi petani, karena di dorong kepedulian terhadap petani ini maka perlu pengolahan jamur agar tidak mudah rusak dan harganya tidak fluktuatif sehingga keuntungan bisa didapat oleh para petani jamur dan juga pengusaha nugget jamur.


Selain protein yang tinggi dan kadar lemak kolesterol yang tidak ada jamur juga memiliki keunikan dari segi rasa, yaitu mengandung rasa dasar umami. Umami adalah rasa dasar kelima setelah manis, asin, pahit dan asam. Berasal dari kata dalam bahasa Jepang umai, yang berarti "lezat," umami (diucapkan oo-MAH-Mee) digambarkan sebagai sensasi gurih lezat dan nikmat. Ini memuaskan rasa lezat yang sangat mendalam, kelezatan yang lengkap, menyeimbangkan rasa gurih dengan kualitas aroma yang khas di dalam mulut. Semua jamur merupakan sumber yang kaya umami dan  jamur yang berwarna gelap lebih kaya umami yang dikandungnya.

Dengan keunggulan dari segi kandungan gizi maupun rasa, maka nugget jamur Fan Jai Nugget bisa dijadikan alternatif utama makanan enak yang sehat. Cocok untuk anak muda, orang tua, dan balita sehingga bisa mendapatkan asuman gizi yang cukup tetapi tetap menjaga kesehatan karena menghindari asupan kolesterol yang sangat beresiko menimbulkan penyakit di kemudian hari.

Nugget Jamur dimulai dengan dua alternatif yakni nugget jamur ditambah sedikit daging hewani sebagai subtitusi atau penambah rasa misal menjadi nugget jamur rasa ayam, nugget jamur rasa udang atau nugget jamur rasa ikan. Jadi penambahan daging hewani hanya sebagai penambah citarasa untuk nugget jamur dan juga cocok untuk konsumen yang belum terbiasa lepas dari daging tetapi ingin mengurangi kandungan kolesterolnya.

Kedua Nugget jamur murni untuk kelompok vegetarian. Vegetarian boleh dikatakan salah satu gaya hidup atau cara hidup yang dianggap sehat. Vegetarian adalah kelompok yang tidak mengkonsumsi bahan hewani. Mereka hanya mengkonsumsi bahan nabati (sayuran, biji bijian dan buah). Vegan adalah kelompok vegetarian yang tidak mau mengkonsumsi telur ataupun susu. Jadi nugget jamur tanpa bahan campuran daging serta telur dan susu, akan menjadi pilihan yang cukup bagus.

Miko Pangan Utama membuat produk untuk kedua alternatif nugget jamur itu dengan merek yaitu Fan Jai Nugget untuk alternatif penambahan sedikit (<25% dari total bahan) daging hewani, dan Fan Jai Nugget Vegan untuk Nugget Jamur tanpa daging hewani yang di utamakan untuk para vegetarian. Fan Jai Nugget tersedia dalam rasa ayam, udang, keju, dan seafood. Sedangkan Fan Jai Nugget Vegan tersedia dalam rasa sayuran (bayam, brokoli, wortel,dll), dan rasa jamur original.

Mau ... Mau... CP: 081906607183
Follow 
Twitter : @fanjainugget
 Facebook : Miko Pangan Utama

3 komentar: